Review Komik One Piece Chapter 912

No Comments

Theoview By Mugiwara Dangers

Chapter kali ini kita lagi lagi kembali disuguhkan akan beberapa hal yang baru lagi dari Negara Wano, seperti bentuk pemukiman desa yang baru, Pabrik milik Kaido bahkan beberapa Kisah Balik yang tentu telah dinanti nantikan sejak dulu, tetapi, entah kenapa Arc Wano yang memuai debut pada Chapter ke 909 dahulu ini semakin kesini memiliki sisi cerita yang semakin kompleks dan seperti menggambarkan bahwa Arc Wano sendiri nantinya akan menjadi Arc yang begitu besar, tetapi hal ini tentunya memang merupakan hal yang wajar saja dikarenakan menurut pengakuan dari Odachi langsung saat melakukan Interview dengan Majalah Yomiuri menyatakan bahwa ONE PIECE telah berjalan sekitar 80% dan ini artinya cerita dan petualangan dari One Piece sendiri tinggal 20% lagi sehingga akan menjadi hal yang wajar bila Arc Wano kali ini akan menjadi Arc yang sangat komplek dan besar layaknya Arc Dressrosa dahulu.

Well, cukup deh basa basinya, kita mulai saja pembahasannya:
  • COLOUR SPREAD

Yaps, secara mengejutkan bahwa didalam Chapter ke 912 kali ini ternyata memang tidak terdapat sebuah Cover Story baru atau Cover Story kelanjutan dari versi “STRAW HAT GRAND FLEET” dan beberapa Informasi yang sebelumnya mengatakan bahwa didalam Chapter kelanjutan dari Chapter ke 911 akan mendapat jatah Colour Spread kembali ternyata memang terbukti benar adanya dan seperti yang terlihat bahwa didalam Chapter ke 912 kali memang mendapatkan jatah sebuah Colour Spread yang baru yang memiliki tema berupa Ajang Olahraga.

Walapun sama - sama memiliki sampul Halaman Depan berupa Gambar berwarna, tetapi makna dan tujuan dibuatnya Colour Spread tersebut tentu berbeda, jika didalam Colour Spread pada Chapter ke 911 dibuat untuk memperingati akan Hari Ulang Tahun dari ONE PIECE yang ke 21 maka didalam Colour Spread pada Chapter ke 912 kali inidibuat dengan tujuan untuk mempromosikan para Atlet yang masih berusia anak anak ke ajang Olimpiade Tokyo yang ke 32 pada tahun 2020 nantinya, itulah mengapa Colour Spread kali ini memiliki tema berupa Ajang Olahraga dan memiliki judul “3D2Y to 2020 KISEKI”.Colour Spread kali ini juga diketahui dibuat dengan berkolaborasi bersama dengan “YOMIURI SHINBUN JOURNAL” yang merupakan sebuah Perusahaan Surat Kabar harian Terbesar yang berada di Negara Jepang dan menurut saya, Colour Spread kali ini sepertinya juga akan diterbitkan kedalam harian “HACHI SHIMBUN” yang merupakan Surat Kabar Harian khusus untuk edisi berita Olahraga yang diterbitkan langsung oleh “YOMIURI SHIMBUN”.

Selain itu, seperti didalam Colour Spread sebelumnya, Colour Spread kali ini juga kembali memperlihatkan penampilan dari Bajak Laut Topi Jerami secara lengkap dengan penampilan yang khas layaknya para Atlet Olahraga, diantaranya:

- LUFFY: Yaps Luffy didalam Colour Spread kali ini berganti peran menjadi seorang Atlet bela diri Karate. Seperti yang terlihat bahwa Luffy memakai sebuah Karategi (Pakaian Karate) yang mana bila didalam bahasa Jepang disebut sebagai “DOGI” dan memakai sebuah Obi (Sabuk Karate) berwarna Hitam yang sangat mencirikhaskan para Atlet Bela Diri Karate dan Bela Diri Karate sendiri merupakan Cabang Olahraga yang baru baru ini ditambahkan untuk diperlombahkan kedalam Olimpiade Tokyo 2020 nantinya.

- ZORO: Seperti yang terlihat bahwa Zoro didalam Colour Spread kali ini berganti peran yang sebelumnya merupakan seorang Pendekar Pedang menjadi seorang Atlet Olahraga Baseball dengan sebuah keunikan dari Zoro seperti biasa yaitu dengan membawa Tongkat Baseball yang berjumlah 3 buah, serta Cabang Olahraga Baseball sendiri juga merupakan salah satu Cabang Olahraga yang baru baru ini ditambahkan dan akandi perlombahkan kedalam Olimpiade Tokyo 2020 bersama dengan Cabang Olahraga Karate.

- NAMI: Yaps, didalam Colour Spread kali ini berganti peran yang sebelumnya merupakan seorang Navigator menjadi seorang Atlet Tenis. Sepertiyang terlihat bahwa Nami kali ini menggunakan sebuah outfit atau pakaian yang sama seperti didalam Colour Spread sebelumnya yaitu menggunakan Dress berukuran Pendek tetapi dengan warna yang berbeda yaitu berwarna Biru, dan walaupun terlihat sederhana tetapi Nami tetap terlihat Anggun dan juga Menawan apalagi dengan menjadi seorang Atlet :D.

- USOPP: Well, Usopp didalam Colour Spread kali ini mempunyai peran yang sama seperti keahliannya yaitu menjadi Atlet Menembak, dan Cabang Olahraga Menembak sendiri juga merupakan cabang Olahraga yang turut di perlombahkan kedalam Olimpiade Tokyo 2020 nantinya.

- SANJI: Seperti yang terlihat bahwa Sanji didalam Colour Spread kali ini berganti peran yang sebelumnya merupakan seorang Koki menjadi seorang Atlet Olahraga Akuatik khususnya dibidang Berenang. Hal ini tidak mengherankan jika Sanji dijadikan sebagai seorang Atlet Akuatik dikarenakan Sanji sendiri merupakan satu satunya orang didalam Bajak Laut Topi Jerami yang memiliki keahlian dan kemampuan berenang yang terbilang cepat dan handal.

- CHOPPER: Well, Chopper didalam Colour Spread kali ini berganti peran yang sebelumnya merupakan seorang Dokter menjadi seorang Atlet Olahraga Tinju dan Olahraga Tinju sendiri merupakan cabang Olahraga yang turut di perlombahkan kedalam Olimpiade Tokyo 2020 nantinya.

- ROBIN: Yaps, Robin didalam Colour Spread kali ini ditampilkan dengan menjadi seorang Atlet Olahraga berkuda. Robin kali ini juga ditunjukkan dengan penampilan yang terkesan sangat casual seperti memakai sebuah setelan Tuxedo dan memakai sebuah Topi berjenis Bowler guna menunjang penampilannya dalam berkuda.

- FRANKY: Seperti yang terlihat bahwa Franky didalam Colour Spread kali ini ditampilkan menjadiseorang Atlet Olahraga Bola Basket dengan memakai setelan baju berwarna Hijau cerah.

- BROOK: Di dalam Colour Spread kali ini Brook ditampilkan dengan menjadi seorang Atlet Sepak Bola tetapi lagi lagi Brook ditampilkan dengan bagian Kepalanya yang terputus persis seperti penampilan Brook didalam Colour Spread sebelumnya.

Dengan dibuatnya Colour Spread yang memiliki tema Ajang Olahraga kali ini, ini artinya bahwa One Piece resmi menjadi sponsor resmi bagi Olimpiade Tokyo ke 32 pada Tahun 2020 nantinya dan bagi Eiichiro Oda selaku mangaka dari ONE PIECE sendiri dengan ini sepertinya mendukung penuh bagi Atlet yang masih berusia muda ataupun anak anak untuk ikut serta didalam ajang bergengsi di Olimpiade Tokyo pada 2020 nantinya dan kemungkinan Cover Story selanjutnya akan memulai debut awal pada Chapter ke 913 nanti yang akan dirilis 2 Minggu lagi. Entah Cover Story apa yang akan diceritakan nantinya, tetapi saya berharap bahwa Cover Story nantinya akan menceritakan tentang keadaan dari Caesar, Jinbe ataupun Germa 66 yang sampai saat ini keberadaan maupun kabarnya tidak terdengar kembali.

FYI:Olimpiade Tokyo 2020 atau biasa disebut sebagai Olimpiade Musim Panas XXXII merupakan ajang Perlombaan Cabang Olahraga secara Internasional yang diadakan oleh Jepang dan bertuan rumah di Prefektur Tokyo yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Juli tahun 2020 nantinya. Cabang Olahraga bergengsi yang berasal dari Negara Jepang ini mengikutsertakan 33 cabang olahraga yang akan dilombahkan, mulai dari Akuatik, Panahan, Atletik, Bulutangkis, Baseball, Basket, Tinju, Kayak, Balap Sepeda, Berkuda, Anggar, Sepak Bola, Golf, Senam, Bola Tangan, Hoki, Judo, Karate, Penthlon Modern, Dayung, Rugby, Berlayar, Menembak, Skateboard, Panjat Tebing, Selancar, Tenis Meja, Taekwondo, Tenis, Triathlon, Voli dan juga Angkat Besi.
  • KEBENARAN YANG MENYAYAT JIWA DAN RAGA

Inilah hal yang seakan dinanti nantikan sejak didalam Chapter ke 911 kemarin yang sempat membuat heboh dikarenakan didalam Chapter tersebut telah menyinggung kembali nama Portgas D. Ace yang mana Ace sendiri diketahui telah meninggal Dunia pada 2 Tahun yang lalu dan beberapa Teori yang mengatakan bahwa Luffy akan mengatakan kebenaran soal kematian Ace kepada Tama ternyata memang benar benar terjadi didalam Chapter kali ini. Pada bab bagian awal dari Chapter kali ini, kita akan disambut dengan pernyataan dari Luffy yang mengatakan sebuah kebenaran kepada Tama yang menyatakan bahwa seseorang bernama Ace yang telah ia nanti nantikan sejak dulu tersebuttelah meninggal Dunia. Hal ini seakan sangat Ironi dan menyakitkan, tetapi hal seperti ini memang pasti akan terjadi apalagi melihat sifat Luffy yang selalu menyatakkan apapun dengan jujur tanpa memandang kondisi.Pengakuan dari Luffy tersebut bukan hanya dapat membuat para pembaca merasa merinding tetapiTama pun seperti yang terlihat mengalami sensasi kaget yang luar biasa hingga membuatnya tidak sadarkan diri.Selain pengakuan dari Luffy, didalam Chapter ke 912 kali ini juga turut mengonfirmasikan sosok Master yang berperawakan seperti Tengu yang menemani Tama selama 3 tahun belakangan Ini yang bernama “TENGUYAMA HITETSU”yang diketahui merupakan seorang Pandai Besi maupun Pembuat Senjata (Bladesmiting) tetapi anehnya, Hitetsu juga dikonfirmasi merupakan seorang pengolektor sebuah boneka Kokeshi.

Selain itu,didalam Chapter kali ini juga turut menjelaskan awal mula bagaimana penduduk Wano seperti Tama beserta Tengu dapat mengenal Ace dengan baik,seperti yang terlihat dan pengakuan dari Tetsu sendiri bahwa pada 4 tahun yang lalu penduduk yang berada di desa yang ia tempati hingga sekarang ini mengalami situasi berupa bencana Kelaparan hingga mengakibatkan beberapa penduduk meninggal Dunia dan secara kebetulan terdapat sebuah Kapal Bajak Laut yang terdampar di bibir sungai yang menurut saya tempat tersebut merupakan tempat dimana Luffy terdampar dahulu yaitu di sekitar bibir Sungai Kuri. Menurut pengakuan dari Tengu, para Awak kapal dari Bajak Laut tersebut secara langsung ditangkap dan diikat oleh para penduduk dengan tujuan untuk mengambil semua persediaan makanan beserta air yang Bajak Laut tersebut miliki dan menurut pengakuan dari Tengu juga bahwa Bajak Laut yang diketahui telah diikat sebelumnya telah melepaskan diri secara mudah dan seperti membiarkan makanan yang dimiliki untuk diambil secara sukarela,sejak saat itulah Ace beserta para awak kapal lainnya dianggap sebagai para penyelamat penduduk Desa.

Sebenarnya, aksi kebaikan yang dilakukan oleh Ace tersebut memang tidak perlu diragukan kembali, didalam “One Piece Novel A Volume 1” telah menyatakan bahwa Bajak Laut yang Ace miliki yaitu Bajak Laut Spade merupakan Bajak Laut yang memiliki sifat yang baik hati dan diketahui jarang membajak ataupun menyerang seseorang, bahkan didalam Novel tersebut juga mengatakan bahwa Ace juga pernah menolong salah satu dari Prajurit Angkatan laut yang sebenarnya berniat untuk menangkap Ace. Bisa dibilang sifat Ace tersebut sama seperti sifat yang Luffy miliki dan baik Luffy dan juga Ace juga sama sama dikenal sebagai seorang Bajak Laut tetapi memiliki kepribadian yang bisa dibilang baik hati.

Walaupun Luffy telah mengatakan keadaan yang sebenarnya bahwa Ace telah Meninggal Dunia kepada Tama, tetapi terdapat 1 hal yang menurut saya masih mengganjal, yaitu Luffy tidak mengatakan bahwa ia sendiri memiliki hubungan sebagai Adik dari Ace kepada Tama. Saya menduga bahwa Hal ini memang sengaja tidak dikatakan oleh Luffy dikarenakan Luffy sendiri bukanlah tipe orang yang suka memamerkan hal yang berbau tentang status ataupun kekuatan ataupun hal ini memang disengaja oleh Odacchi yang bertujuan untuk lebih mengembangkan karakter Tama nantinya, sehingga menurut saya kemungkinan Tama nantinya akan memiliki sebuah pengaruh yang besar didalam Arc Wano kali ini bersama dengan Momonosuke, dikarenakan Arc yang bertema sebuah Negara ataupun Kerajaan pasti memiliki seorang karakter utamanya sendiri layaknya Alabasta dengan Nevertari Vivi, Ryugu dengan Shirahoshi dan Dressrosa dengan Rebecca.

MARI LEBIH FOKUS KE ACE: Nah, akhirnya Kisah Masa Lalu (Flashback) yang menceritakan tentang Ace yang berada di Negara Wano akhirnya diperlihatkan juga dan Teori saya sebelumnya yang menyatakan bahwa Ace telah pergi ke Negara Wano yang masih sebagai Kapten dari Bajak Laut Spade ternyata terbukti benar adanya. Seperti yang terlihat bahwa Ace memang berlabuh di Negara yang terkenal akan Samurai dan Ninja tersebut saat masih menjadi seorang Kapten dari Bajak Laut Spade yang ia miliki, hal ini bisa dilihat melalui beberapa anggota dari Ace yang juga diperlihatkan didalam Chapter kali ini. Terdapat 3 Anggota yang diperlihatkan, seperti Dakki Buri (Orang yang terikat bersama Ace dan pernah diperlihatkan didalam Chapter ke 522), Anggie68 (Orang berbadan Gemuk dan pernah terlihat didalam Chapter 522) dan Mihar (Orang yang memakai topi berjenis Top Hat dan pernah terlihat didalam Chapter 522) yang mana mereka ber-3 merupakan Anggota dari Bajak Laut Spade yang Ace miliki dan Ace sendiri sebenarnya telah dikonfirmasi memiliki 19 Anggota kru yang terdiri dari 1 Binatang, 2 Anggota Perempuan, dan 16 Anggota Laki Laki.

MARI LEBIH FOKUS LAGI: Nah, menurut pernyataan dari Tengu bahwa Ace berlabuh ke Negara Wano pada 4 Tahun yang lalu , ini berarti bahwa Ace menuju ke Negara Wano kemungkinan disaat usianya telah mencapai umur yang ke 18 Tahun. Hal ini dihitung dari waktu Ace ke Negara Wano yang menurut Tengu hal tersebut terjadi pada 4 Tahun yang lalu, dan bila Tengu menghitung 4 Tahun tersebut setelah masa 2 Time Skipsaat ini, maka bisa dipastikan bahwaAce berlabuh ke Negara Wano disaat berumur 18 Tahun (22 Tahun umur Ace sekarang – 4 Tahun yang lalu = 18). Dan hal ini juga turut menjelaskan bahwa setelah mendapat rekan pertamanya yaitu Deuce pada umurnya yang ke 17 Tahun di Pulau Sixie, Ace akhirnya membentuk Bajak Lautnya yaitu Spade dan dalam waktu 1 Tahun ia berhasil memasuki kawasan Perairan Dunia Baru dan salah satu bukti nyata akan hal tersebut adalah Ace berhasil berlabuh ke Negara Wano. Bukti lain yang memperlihatkan bahwa Ace telah memasuki kawasan Perairan Dunia Baru adalah pada Chapter ke 522 dimana Ace saat itu bertemu dengan Shank dan diketahui bahwa tempat bertemunya Ace dengan Shank tersebut berada pada kawasan Dunia Baru.

FYI:Boneka Kokeshi yang merupakan boneka koleksi yang dimiliki oleh Tengu sebenarnyamerupakan boneka tradisional yang berasal dari Negara Jepang dan telah populer sejak Zaman Edo (1603 – 1867) silam. Boneka Kokeshi sendiri merupakan sebuah boneka yang terbuat dari Kayu dengan berbagai jenis ukuran dan bentuk yang dinyatakan memiliki hubungan yang kuat dengan keberadaan berbagai Onsen (Sumber Air Panas) yang berada di Jepang. Tempat boneka ini sendiri terlahir untuk pertama kali pada pertengahan Zaman Edo Jepang yang mana boneka Kokeshi banyak dijual di beberapa tempat Onsen dan sejak saat itu boneka ini dijadikan sebuah Souvenir wajib disaat mengunjungi sebuah Onsen, bahkan di salah satu tempat pemandian air panas di wilayah Prefektur Tohoku yang bernama “Onsen Naruko” dijuluki sebagai Rumah Kokeshi dikarenakan di tempat tersebutlah Boneka Kokeshi pertama dijual dan sejak saat itu Prefektur Tohoku menjadi tempat surganya boneka Kokeshi.
  • DESA YANG DULUNYA VIRAL, ITULAH AMIGASA




Yaps, inilah salah satu hal yang cukup menarik perhatian didalam Chapter ke 912 kali ini, setelah didalam Chapter ke 672 yang dirilis pada 7,4 Tahun tahun yang lalu Kinemon menyebutkan salah satu bagian dari Negara Wano yaitu Desa Kuri, maka didalam Chapter kali ini salah satu bagian lain dari Negara Wano akhirnya disebutkan dan diperlihatkan kembali yang mana memiliki nama sebagai Desa AMIGASA. Saya dulu mengira bahwa kawasan yang ditempati oleh Tama beserta Tengu yang telah terlihat didalam Chapter ke 911 dahulu merupakan kawasan Hutan biasa, tetapi seperti yang terlihat didalam Chapter kali ini bahwa kawasan tersebut ternyata merupakan sebuah kawasan pedesaan yang BENAR BENAR SANGAT INDAH.

Desa Amigasa sendiri bisa dibilang termasuk sebuah Desa yang unik yang berlokasi didalam kawasan Hutan Bambu dan jauh dari hiruk pikuk Pusat Kota dari Negara Wano, hal ini bisa dilihat melalui bentuk rumah para penduduk Desa Amigasa yang terbilang sederhana dan dibangun layaknya bentuk rumah Nagaya pada Zaman Kuno Jepang dahulu dan dibagian atas dari Rumah tersebut juga memiliki semacam ornamen mirip seperti bentuktopi Jerami jenis Fuaamigasa dengan sedikit bentuk layaknya rambut Chonmage yang berada diatas bagian rumah. dengan bukti Ornamen tersebut seperti menggambarkan bahwa desa Amigasa merupakan sebuah Desa penghasil dan pembuat kerajinan tangan Topi Jerami yang terkenal di Negara Wano, hal ini juga dibuktikan dengan keterampilan Tama yang merupakan penduduk asli dari Desa Amigasa yang masih berusia 8 Tahun tetapi dapat membuat Kerajinan Topi Amigasa dengan mudah, itulah mengapa Desa ini disebut sebagai AMIGASA.

Bila dihitung, sedikitnya terdapat 8 Rumah yang diperlihatkan didalam Chapter kali ini yang terlihat telah hancur dan 1 rumah lagi yang diketahui adalah rumah milik Tama, uniknya, Rumah yang dimiliki oleh Tama tersebut ternyata memang benar - benar berada diatas Pohon yang sangat besar seperti menggambarkan bahwa Tama sepertinya merupakan sosok yang berpengaruh di Desa Amigasa dan seperti yang terlihat bahwa Pohon tempat berdirinya Rumah Tama tersebut merupakan sebuah Pohon Suci atau biasa disebut sebagai “YORISHIRO” di ajaran Agama Shinto. Hal ini bisa dilihat melalui beberapa Ornamen yang berada di Pohon tersebut yang dipasang sebuah “Shimenawa (Tali yang dipasang sebagai garis pembatas antara kawasan Suci dengan Kawasan Duniawi)” dan sebuah Shide (Kertas putih yang digunting dan dilipat dengan beberapa pola khusus yang dipasang bersama Shimenawa, istilah Shide juga merupakan istilah lain dari Agama Shinto)” yang sangat mencirikhaskan sebagai pohon yang dianggap Suci serta Rumah milik Tama tersebut juga sangat identik seperti Kuil “TAKEO NO OOKUSU” yang merupakan sebuah Kuil yang berada di dalam salah satu dari 6 Pohon terbesar yang berada di Prefektur Saga.

Walaupun bisa dibilang merupakan sebuah Desa yang unik, tetapi faktor masalah juga tidak luput menghantui Desa Amigasa. Menurut pernyataan dari Tengu bahwa, pada 4 Tahun yang lalu Desa Amigasa sendiri telah mengalami bencana kelaparan yang sangat hebat hingga merenggut korban jiwa dan berkat pertolongan dari Ace akhirnya Desa Amigasa dapat tertolong dan stabil kembali. Tetapi, pada beberapa Tahun yang lalu, seperti yang dikatakan oleh Tengu bahwa Desa Amigasa telah dihancurkan kembali oleh seorang Bajak Laut yang baru bergabung dengan Kaido yang bernama X-Drake. Bila diingat – ingat, X-Drake sendiri memang telah diketahui bergabung dan beraliansi dengan Kaido sebelumnya dan hal tersebut ditunjukkan didalam 2 Chapter sekaligus yaitu pada Chapter ke 595 dan Chapter ke 793, sehingga akan menjadi hal yang tidak mengherankan apabila X-Drake diketahui telah menghancurkan salah satu Desa layaknya Desa Amigasa di Negara Wano.

Terdapat beberapa percakapan yang dapat disimpulkan juga didalam Chapter kali ini:

- Tengu mengatakan bahwa “LIMA SAMURAI YANG MENJAGA DESA KAMI SEMUANYA DIKALAHKAN, DAN SELURUH DESA DIHANCURKAN”: Percakapan dari Tengu ini jelas sekali merujuk kepada faktor kekuatan dari X-Drake. Menurut Pernyataan Tengu tersebut sepertinya faktor kekuatan yang dimiliki oleh Drake semakin bertambah kuat dan kemungkinan berbeda dengan faktor kekuatan Drake yang pernah diperlihatkan di kepulauan Saboudy terdahulu.Hal ini dibuktikan dengan perkataan dari Tengu yang menyatakan bahwa Drake dapat mengalahkan ke-5 orang Samurai yang menjaga Desa Amigasa yang kemungkinan faktor kekuatan ke-5 Samurai itu pun tidak dapat diragukan lagi, tetapi tidak dijelaskan secara rinci oleh Tengu apakah Drake menyerang desa tersebut bersama anak buahnya sendiri ataupun bersama dengan pasukan dari Kaido yaitu Pleasure dan juga Gifters, dan untuk ke-5 Samurai yang disebutkan oleh Tengu tersebut, sepertinya diadaptasi langsung dari sebuah Film berjudul “SEVEN SAMURAI”, tetapi entah mengapa Odachi merubahnya menjadi 5 Samurai.
- Tengu mengatakkan bahwa “SATU – SATUNYA TEMPAT YANG MAKMUR YANG MASIH TERSISA DI NEGARA WANO SAAT INI ADALAH IBUKOTA BUNGA DIMANA SHOGUN OROCHI BERADA”: Percakapan dari Tengu ini jelas sekali merujuk kepada nasib dari tempat lain yang berada di Negara Wano. Ibukota Wano sendiri yang dikonfirmasi memiliki nama Ibukota Bunga kali ini memang telah diperlihatkan sebelumnya didalam Chapter ke 909 dahulu dan dengan pernyataan dari Tengu kali ini maka saya berasumsi bahwa kemungkinanseluruh tempat di Negara Wano kecuali Ibukota Bunga (Pusat Kota) telah dihancurkan oleh Kaido beserta Shogun. Hal ini juga cukup logis denganmelihat perkataan dari Tengu yang menyatakan bahwa “Satu satunya tempat yang makmur adalah Ibukota Bunga” dan dengan ini sepertinya untuk tempat yang lain yang berada di Negara Wano telah dihancurkan ataupun berada pada kekuasaan Kaido beserta Shogun Orochi.
- Tengu juga mengatakan bahwa “SISA DARI NEGARA INI TELAH MENJADI TANAH KOSONG TANPA HUKUM DIKARENAKAN PEMERINTAHAN YANG KEJAM (TIRANI) DARI KAIDO”: Percakapan dari Tengu ini jelas sekali merujuk kepada kebijakan hukum dan kondisi Negara Wano saat ini yang mana Tengu mengatakan bahwa Negara Wano sendiri telah menjadi sebuah Tanah Kosong yang menurut saya sendiri merupakan sebuah Tanah tandus yang kemungkinan diakibatkan oleh Polusi yang diakibatkan oleh Pabrik milik Kaido, dan Tengu juga turut menjelaskan bahwa Kaido sendiri menganut sebuah prinsip Kekuasaan Tirani yang mana merupakan sebuah sistem Pemerintahan bagi seorang penguasa Tunggal yang sering memerintah secara brutal dan menempatkan diri sendiri beserta semua golongannya diatas kepentingan rakyat banyak, sehingga bisa dibayangkan bahwa sistem kepemimpinan Kaido saat ini sangat mempengaruhi berbagai hal, mulai dari Hukum hingga kondisi Negara Wano.

Dengan demikian, 1 dari beberapa tempat yang berada di Negara Wano akhirnya telah diketahuibegitu juga dengan keadaannya dan saya berpikir bahwa tempat ataupun Desa yang akan ditunjukkan lagi selanjutnya adalah Desa Kuri yang merupakan tempat tinggal dari Kinemon dan juga Momonosuke yang sampai saat ini memang belum diperlihatkan secara detail, walaupun kemungkinan besar bisa diduga bahwa nasib Desa Kuri juga mengalamihal yang sama dengan Desa Amigasa yaitu dihancurkan oleh Kaido maupun masuk kedalam kawasan kekuasaan Kaido beserta Shogun.

FYI: - Nama Desa AMIGASA yang merupakan tempat tinggal Tama dan Tengu tersebutsejatinya merupakan nama dari sebuah Topi Jerami yang berasal dari Negara Jepang yang memiliki bentuk seperti cakram bundar yang dilipat menjadi berbentuk seperti bulan sabit yang berguna untuk menutupi sebagian wajah dari para penari. Topi Jerami dengan Model Amigasa sendiri biasanya digunakan dalam beberapa pementasan Tarian, seperti tarian Obon dan juga Festival Tarian Awa Odori dengan dikombinasikan bersama dengan Yukata (Sejenis Kimono) dan juga Geta (Bakiak).
 
- Desa yang memiliki ciri khas berupa rumah berbentuk Nagaya dan memiliki atap berupa Jerami yang merupakan Desa tempat tinggal Tama tersebut sepertinya diadaptasi langsung dari sebuah desa yang bernama “KAYABUKI NO SATO”. Desa Kayabuki sendiri terletak di sebelah utara dari Prefektur Kyoto atau lebih tepatnya pada daerah pegunungan di Distrik Miyama yang memiliki ciri khas berupa rumah – rumah yang memiliki bentuk seperti rumah Nagaya dengan atap berbahan Jerami yang sangat identik dengan bentuk rumah di Desa Amigasa, walaupun diketahui atap jerami dari Desa Kayabuki telah diawetkan sejak tahun 1993 silam.
  • NIDAI KITETSU, PEDANG KAUM MILENIAL


Yaps, inilah hal yang seakan menjadi sesuatu yang sangat spesial dan bikin heboh didalam Chapter kali ini, selain nama Ace yang disebut kembali, ternyata tidak disangkah sangkah bahwa salah satu pedang legendaris yang lainnya ternyata akan disebut dan diperlihatkan kembali didalam Chapter ke 912 kali ini. Pedang ini sendiri seperti yang terlihat ditemukan oleh Luffy secara tidak sengaja disaat akan mengantar Tama mencari Dokter dan betapa mengejutkannya bahwa pedang yang ditemukan oleh Luffy tersebut dinyatakan oleh Tengu sebagai salah satu pedang dari kelas Ō Wazamono yang memiliki jenis sebagai NIDAI KITETSU. Hal ini merupakan sesuatu yang benar benar WOW menurut saya, dimulai dari Penyebutan nama Nidai Kitetsu pada Chapter ke 97 atau pada Tanggal 19 Juli tahun 1999 silam hingga ditunjukkannya sekarang pada Chapter ke 912, ini berarti kita telah menunggu selama 19 Tahun hanya untuk melihat wujud dari pedang berjenis Ō Wazamono ini, WOW.

Seperti yang diketahui, Kitetsu sendiri sebenarnya merupakan seorang pembuat Pedang ataupun seorang Pandai Besi yang telah disebutkan untuk pertama kali oleh Ippon Matsu didalam Chapter ke 97 silam, dan sosok siapa dan dari mana asal Kitetsu sendiri seakan menjadi sebuah misteri yang seperti tidak akan terpecahkan, tetapi eiiits...di dalam Chapter kali ini akhirnya nama Kitetsu kembali disinggung dan turut mengonfirmasikan bahwa nama asli dari Kitetsu adalah“KOTETSU” yang menurut Tengu merupakan leluhurnya, dan dengan hal ini saya menduga bahwa Kotetsu sendiri juga berasal dari Negara Wano yang juga memiliki perawakan layaknya seorang Tengu dengan memiliki nama lengkap yaitu “TENGUYAMA KOTETSU”.

Selain merupakan seorang Pembuat Senjata, Kotetsu sendiri juga dikenal sebagai seorang pembuat pedang yang memiliki rumor yang buruk di seluruh Dunia dikarenakan pedang yang ia buat diketahui tidak pernah terkalahkan tetapi mengandung sebuah kutukan yang dapat membuat para penggunanya mengalami sebuah kecelakaan atapun kematian yang sangat tragis.Seperti yang dinyatakan langsung oleh Ippon Matsu sendiri pada Chapter ke 97 silam bahwa “SEMUA PENDEKAR TERKENAL YANG MEMAKAI KITETSU AKAN MENGALAMI KEMATIAN YANG TRAGIS DAN MENGGENASKAN DAN SAMPAI SAAT INI TIDAK ADA SEORANG PUN PENDEKAR PEDANG DIDUNIA YANG MENGGUNAKAN PEDANG TERSEBUT”, bahkanTengu sang pemilik sah dari Nidai mengatakan bahwa “YANG KAU BAWA ADALAH PEDANG TERKUTUK. AKU TIDAK INGIN MENYENTUHNYA” yang seperti menyatakan bahwa Tengu pun tidak berani untuk menggunakan salah satu pedang buatan leluhurnya tersebut dikarenakan faktor kutukan yang terdapat di dalamnya. Tetapi bagaimana dengan Luffy ? bisa ditebak sebelumnya bahwa Luffy tetap akan membawa Pedang terkutuk tersebut walaupun tujuan membawa pedang tersebuthanyalah untuk menunjang penampilannya saja.

Seperti yang diperlihatkan didalam Chapter kali ini, Pedang buatan ke-2 dari Kotetsu tersebut memiliki penampilan yang tidak jauh berbeda bahkan hampir sama dengan pedang Sandai Kitetsu yang merupakan pedang buatan ke-3 dari Kotetsu, seperti:

- Pedang Nidai yang diperlihatkan kali ini ternyata merupakan pedang dengan jenis Katana Jepang yang memiliki panjang sekitar 24 inci atau 60 – 70 cm dan dapat digolongan juga sebagai jenis pedang Daito Katanas layaknya Sandai Kitetsu maupun Wado Ichimonji dikarenakan memiliki mata pisau yang lebih panjang 24 inci atau sekitar 60 cm.
- Pedang Nidai juga terlihat memiliki sebuah sarung pedang atau didalam bahasa Jepang disebut sebagai “SAYA” yang memiliki pola berwarna layaknya sarung pedang Sandai Kitetsu.
- Pedang Nidai juga terlihat Memiliki gagang pedang (Tsuka) yang kemungkinan memiliki panjang 30cm.
- Pedang Nidai juga terlihat Memiliki pelilit (Tali) gagang pedang (Tsuka-Ito) yang sepertinya memiliki warna yang cerah dan memiliki Pola Gagang pedang (Tsuka-Maki) dengan pola jenis “Fuji-Maki” seperti pola yang berada pada Sandai Kitetsu.
- Dan Pedang Nidai sendiri seperti yang terlihat memiliki ciri ciri khusus dari pedang buatan Kotetsu selama ini yaitumemilliki penahan tangan atau biasa disebut sebagai Tsuba (Hand Guard) yang berbentuk seperti Bintang persegi layaknya Tsuba milik Sandai Kitetsu.

Selain itu, seperti yang diketahui bahwa Kotetsu sendiri telah menciptakan 3 Pedang yang dinyatakan sebagai sebuah Meito(Status Pedang) dengan jenis Katana maupun Daito Katanas dengan berbagai kualitas yang berbeda, diantaranya:

- SHO-DAI KITETSU(IBLIS GENERASI PERTAMA):Yaps, Pedang Generasi pertama yang dibuat oleh Kotetsu yang memiliki nama sebagai Shodai Kitetsu ini merupakan jenis pedang yang masuk kedalam jajaran 12 Pedang Tertajam di Dunia (Saijo Ō Wazamono)yang mana jenis ini merupakan tingkatan pedang yang Terkuat dengan level yang tertinggi dan dibuat dengan kualitas terbaik dibandingkan dengan tingkatan pedang lainnya. Pedang jenis ini juga dapat disandingkan dengan kualitas dari YORU yang dimiliki oleh Dracule Mihawk dikarenakan sama sama masuk kedalam jajaran kelas Pedang Tertajam di Dunia, dan Untuk siapa yang memiliki pedang dengan jenis ini tidak diketahui hingga sekarang, tetapi saya merasa bahwa salah satu dari ke-5 Gorosei yang memiliki ciri – ciri berkepala Botak layaknya Mahatma Gandhi tersebut adalah pemilik dari Pedang buatan pertama dari Kotetsu ini. Hal ini dapat dilihat melalui bentuk Penahan Tangan (Hand Guard) dari jenis Nidai Kitetsu maupun Sandai Kitetsu yang sama sama memiliki bentuk Penahan Tangan berbentuk seperti bintang persegi dan bila dilihat lebih detail pada bentuk pedang milik Gorosei yang seperti Mahatma Gandhi khususnya pada Episode ke-736 maka akan terlihat bahwa bentuk penahan tangan pada pedang yang dimiliki tersebut juga memiliki bentuk seperti bintang persegi, dan juga memiliki Pola Gagang pedang (Tsuka-Maki) dengan jenis “Fuji-Maki” seperti pola yang berada pada Sandai Kitetsu,sehingga dengan ini saya berasumsi dan menduga bahwapedang buatan pertama dari Kotetsu ini dimiliki oleh salah satu dari para Gorosei khususnya yang memiliki penampilan layaknya Mahatma Gandhi.

- NI-DAI KITETSU (IBLIS GENERASI KEDUA):Inilah salah satu jenisdari ke-3 pedang buatan Kotetsu yang bisa dibilang sangat misterius dibandingkan dengan jenis Shodai Kitetsu, tetapi penampakan dari Pedang kedua buatan dari Kotetsu ini akhirnya diperlihatan didalam Chapter ke 912 kali ini. Pedang yang memiliki nama sebagai Nidai Kitetsu ini merupakan jenis pedang yang masuk kedalam kelas 21 Pedang Terkuat (Ō Wazamono) yang memiliki tingkat kekuatan dan ketahanan pedang yang sangat luar biasa tetapi pedang dengan kelas ini bisa dibilang memiliki kualitas yang lebih rendah dari Pedang dengan jenis “Saijo O Wazamono” layaknya Shodai Kitetsu dan Penampilan dari Nidai Kitetsu sendiri seperti yang diperlihatkan didalam Chapter kali ini juga tidak berbeda jauh dari penampilan Sandai Kitetsu yang dimiliki oleh Zoro.Walaupun memiliki penampilan yang terbilang sama, namun untukurusan kualitas maka Nidai Kitetsu tentu sangatlah berbeda dikarenakan pedang ini sendiri dikategorikan sebagai salah satu pedang dengan kelas Ō Wazamono sehingga faktor ketahanan dan kekuatan pedang Nidai tentu tidak dapat dibandingkan maupun disandingkan dengan kelas pedang lainnya layaknya Ryo Wazamono, ataupun Wazamono.

- SAN-DAI KITETSU (IBLIS GENERASI KETIGA): Mungkin nama Pedang buatan ke-3 dari Kotetsu ini sudah tidak asing lagi untuk didengar ditelinga bahkan mungkin terlalu familiar.Pedang milik Zoro yang memiliki nama sebagai Sandai Kitetsu ini merupakan jenis pedang yang masuk kedalam kelas Pedang Tajam dan Terkenal (Wazamono) tetapi memiliki kualitas yang bisa dikatakan terendah untuk sebuah Pedang Ternama. Walaupun begitu, Pedang dengan kelas ini tetap dinyatakan sebagai pedang yang terhebat bahkan dapat disandingkan dengan pedang jenis Shigure yang dimiliki oleh Tashigi dikarenakan sama samamemiliki kelas sebagai Wazamono. Selain itu, persebaran dan jumlah pedang dengan kelas ini diseluruh Dunia tidak diketahui hingga sekarang, pedang dengan Nama KITETSU III di dalam terjemahan Viz ini juga diketahui memiliki harga banderol sebesar 1.000.000 Berry dulunya dan seperti pedang buatan Kotetsu lainnya, pedang jenis ini juga memiliki sebuah kutukan yang dinyatakan dapat membuat penggunanya meninggal secara tragis, tetapi faktor kutukan tersebut sepertinya tidak berpengaruh terhadap sang pengguna sekarang yaitu Zoro.

MARI SEDIKIT FOKUS KEPADA PEDANG: Berbicara soal senjata pedang memang tidak akan ada habisnya, apalagi untuk Dunia One Piece sendiri yang mana senjata Pedang merupakan senjata yang sangat umum dan lazim ditemui bahkan sering digunakan oleh beragam orang layaknya Penduduk Sipil, Angkatan Laut, hingga Bajak Laut. Tetapi, di Dunia ini diketahui hanya terdapat beberapa Pedang saja yang diakui statusnya oleh Dunia maupun Kolektor Pedang, dan seperti yang dinyatakan oleh Odachi langsung pada SBS Volume ke-13 bahwa terdapat 5 kelas pedang yang dapat dikategorikan, seperti:

1. SAIJO Ō WAZAMONO (Kelas 12 Pedang Tertajam): Pedang dengan kelas ini merupakan jenis pedang yang diklaim merupakan Pedang Tertajam dengan tingkatan pedang yang memiliki level yang tertinggi dan dibuat dengan kualitas yang terbaik dari pada Pedang dengan kelas lainnya, bisa dibilang Pedang dengan kelas ini merupakan pedang dengan kualitas TERBAIK dan SUPER yang ada di Dunia. Menurut Odachi pada SBS Volume ke 13 bahwa hanya terdapat 12 Pedang saja yang memiliki kelas Saijo Ō Wazamono di Dunia ini, dan hingga sekarang pedang dengan kelas ini hanya terkonfirmasi 2 Buah saja dari 12 Pedang diseluruh Dunia, yaitu:
- YORU: Dimiliki oleh Dracule Mihawk dan telah dikonfirmasi pada Episode 462 (Episode Tambahan)
- SHO-DAI KITETSU: Tidak diketahui pemiliknya dan telah dikonfirmasi pada Chapter 97.

2. Ō WAZAMONO (Kelas 21 Pedang Terkuat): Pedang dengan kelas ini merupakan sebuah pedang yang diklaim memiliki tingkatan kekuatan dan ketahanan pedang yang sangat luar biasa dan hanya terdapat 21 buah saja diseluruh Dunia, tetapi pedang dengan kelas ini dapat dikatakan merupakan kelas pedang yang lebih rendah dari kelas “Saijo O Wazamono” dan bisa dibilang juga bahwa pedang dengan kelas ini termasuk pedang yang masuk kedalam jajaran pedang Level 2. Hingga sekarang, pedang dengan kelas ini hanya terkonfirmasi 3 Buah saja dari 21 pedang diseluruh Dunia, yaitu:
- WADŌ ICHIMONJI: Dimiliki oleh Roronoa Zoro dan telah dikonfirmasi pada Chapter ke 5 dan Chapter ke 97.
- SHŪSUI: Pedang ini pertama kali dimiliki oleh Ryuma kemudian diserahkan kepada Zoro dan telah dikonfirmasi pada Chapter ke 448.
- NI-DAI KITETSU: Dimiliki oleh Tenguyama Hitetsu dan telah dikonfirmasi untuk pertama kali pada Chapter 97 dan kedua pada Chapter 912.

3. RYŌ WAZAMONO (Kelas 50 Pedang Terbaik): Pedang dengan Kelas ini merupakan jenis pedang yang diklaim memiliki kualitas yang tinggi dan terbaik tetapi Kelas ini lebih rendah dari Saijo O Wazamono ataupun O Wazamono dan pedang dengan kelas ini juga hanya terdapat 50 buah saja diseluruh Dunia. Hingga sekarang, pedang dengan kelas ini hanya terkonfirmasi sebanyak 3 Buah saja dari 50 pedang diseluruh Dunia, yaitu:
- YUBASHIRI: Dimiliki pertama kali oleh Ippon Matsu kemudian diberikan oleh Zoro, pedang ini sendiri telah terkonfirmasi pada Chapter 97 dan status pedang ini telah hancur serta telah dimakamkan di Pulau Thriller Bark dahulu silam.
- KASHŪ: Pedang ini dimiliki pertama kali oleh Mr.11 yang merupakan Anggota Elit dari Organisasi Baroque Works, kemudian untuk sekarang telah direbut oleh Tashigi dan pedang ini sendiri telah dikonfirmasi pada Chapter 128.
- YAMAOROSHI: Pedang ini dimiliki pertama kali oleh Billy si Pembunuh Paus (Orca Killer) kemudian direbut oleh Tashigi dan telah dikonfirmasi didalam Sebuah Novel bertajuk Logue Town yang dirilis pada tahun 2000 silam.

4. WAZAMONO (Kelas Pedang Tajam dan Terkenal): Pedang dengan kelas ini merupakan sebuah pedang yang diklaim memiliki ketajaman yang tinggi tetapi memiliki kualitas terendah untuk sebuah pedang Ternama dan Jumlah dari Pedang ini diseluruh Dunia tidak diketahui hingga sekarang. Walaupun memiliki kualitas yang terendah, tetapi Odachi mengatakan didalam SBS Voume ke-13 bahwa Wazamono merupakan Kelas Pedang Terhebat dan Sampai saat ini, hanya 2 Pedang saja yang berhasil dikonfirmasi merupakan jenis Wazamono, yaitu:
- SAN-DAI KITETSU: Pedang ini pertama kali dimiliki oleh Ippon Matsu dan dijual seharga 50.000 Berri sedangkan harga asli dari pedang ini sebesar 1.000.000 Berri, kemudian diberikan secara gratis kepada Zoro dan Pedang ini sendiri telah dikonfirmasi pada Chapter ke 97.
- SHIGURE: Pedang ini dimiliki oleh Tashigi yang merupakan Kapten dari Angkatan Laut dan telah dikonfirmasi pada Chapter ke 97.

5. PEDANG BIASA (Pedang Tidak Berkelas): Pedang dengan jenis ini merupakan sebuah pedang yang tidak memiliki kelas maupun nama tetapi disebutkan oleh Odachi pada SBS Volume ke-13 dan pedang jenis ini merupakan pedang yang banyak digunakan oleh beragam Orang seperti Penduduk Sipil, Angkatan Laut, dan juga Bajak Laut. Salah satu contoh dari pedang jenis ini adalah ke-2 pedang milik Zoro yang dahulu dipakai sebelum dihancurkan oleh Dracule Mihawk.

MARI SEDIKIT LEBIH FOKUS LAGI: Meskipun ke-4 Kelas yang disebutkan oleh Odachi didalam SBS semuanya adalah Senjata berjenis Pedang,tetapi terdapat sedikit hal yang mengganjal.Seperti didalam Chapter kali ini yang mana mengatakan pada sebuah panel khusus bahwa “TERDAPAT BANYAK PEDANG (PEDANG, TOMBAK, DLL) DI DUNIA INI TETAPI ADA BEBERAPA YANG DIBUAT OLEH PANDAI BESI TERKENAL DI DUNIA”, yang seperti menyatakan bahwa ke-4 Kelas dari Saijo O Wazamono hingga kelas Wazamono tersebut tidak hanya dimiliki dan disandang oleh sebuah Senjata berupa Pedang, tetapi sepertinya Senjata Non-Pedang pun juga dapat menyandang sebuah kelas. Hal ini dapat dilihat melalui penggambaran dipanel tersebut yang memperlihatkan banyak sekali senjata selain sebuah Pedang dan perkataan yang berbunyi “PEDANG, TOMBAK, DLL” semakin menyakinkan bahwa ke-4 Kelas baik kelas Saijo O Wazamono, O Wazamono, Ryo Wazamono, dan Wazamono dapat disandang dan juga dimiliki oleh senjata yang tidak termasuk sebuah senjata Pedang.

Dengan diperlihatkannya dan dikonfirmasinya penampakan dari Nidai Kitetsu untuk sekarang, ini artinya bahwa Pedang dengan kelas O Wazamono sendiri telah terkonfirmasi 3 buah dari 21 pedang diseluruh Dunia, yaitu Wado Ichimonji, Shusui, dan Nidai Kitetsu. Tetapi, sebenarnya terdapat lebih banyak lagi jenis pedang yang telah dikonfirmasi namanya walaupun tidak diketahui jenis kelasnya, seperti Griffon, Kikoku, Durandal, dan Shirauo. Tetapi, bisa dipastikan baik Kikoku yang dimiliki oleh Law, Griffon yang dimiliki oleh Shank, Durandal yang dimiliki oleh Cavendish ataupun Shirauo yang dimiliki oleh Charlotte Amande merupakan sebuah Meito dan kemungkinan masuk kedalam salah satu jajaran ke-4 kelas pedang tersebut, dan harapan saya selama didalam Arc Wano kali ini semoga akan mengonfirmasikan lebih banyak lagi jenis pedang terkenal lainnya dikarenakan Wano sendiri merupakan surganya bagi senjata jenis pedang, apalagi yang paling membuat penasaran adalah jenis pedang yang dimiliki oleh Shogun Orochi yang menurut saya kemungkinan adalah jenis pedang yang memiliki kelas yang tinggi dan sepantas dengan jabatannya yang sebagai seorang Shogun ataupun pemimpin dari Negara Wano.
  • FACTORY WEAPONS FINALLY SHOW UP

Well, setelah kita diperlihatkan akan perjalanan Luffy yang menyelusuri Hutan Bambu, maka Latar tempat akan secara tiba tiba berganti ketika Luffy keluar dari kawasan Desa Amigasa dan tidak disangkah sangkah bahwa Latar tempat yang baru tersebut merupakan sebuah kawasan dengan pemandangan Negara Wano yang berbeda dari yang pernah diperlihatkan sebelumnyadan begitu mengejutkannya bahwa pemandangan yang diperlihatkan tersebut berupa sebuah dataran yang sangat luas yang memiliki kondisi yang sangat tandus layaknya mengalami kekeringan yang sangat hebat. Hal ini persis seperti apa yang dikatakan oleh Tengu sebelumnya bahwa “SISA DARI NEGARA INI (WANO) TELAH MENJADI SEBUAH TANAH KOSONG” dan hal lainnya lagi terdapat sebuah pabrik yang berdiri tegak diatas lahan yang berukuran luas tersebut. Sebelumnya, Pabrik tersebut memang telah disebutkan oleh Tengu didalam Chapter ke 911 kemarin yang mana Pabrik tersebut merupakan pabrik yang dimiliki oleh Kaido yang berperan dalam menyebabkan semua air di Sungai menjadi terkontaminasi oleh Limbah dan pada Chapter kali ini, pabrik yang diketahui dimiliki oleh Kaido tersebut akhirnya dikonfirmasi yang mana seperti yang dikatakan olehTama bahwa Pabrik tersebut merupakan “Sebuah Tambang dan Pabrik pembuatan Senjata”.

Bila dilihat lebih detail, pabrik Pembuatan Senjata tersebut memiliki ukuran yang terbilang sangat besar dengan sebuah cerobong asap yang tinggi dan sebuah Gerbang Torii yang berada di depan Pabrik yang seperti mengisyaratkan bahwa Pabrik tersebut merupakan sebuah kawasan terlarang bagi orang luar ataupun bagi penduduk Negara Wano sendiri, dan dari hal ini saya mencoba berasumsi bahwa Kaido sepertinya juga telah melakukan sebuah tindakan perbudakan pada penduduk di Negara Wano untuk dipekerjakan secara paksa di Pabrik tersebut seperti apa yang Doflamingo lakukan dahulu. Hal ini juga cukup logis mengingat perkataan dari Tengu sebelumnya yang menyatakan bahwa Kaido sendiri menganut prinsip kekuasaan Tirani yang mana Prinsip tersebut merupakan sebuah Prinsip yang dimiliki oleh seorang penguasa Tunggal yang sering memerintah secara brutal. Selain itu, Tama juga mengatakan bahwa “Kaido dan Shogun memiliki peternakan sendiri yang tidak tercemar”, entah apa maksutnya hal tersebut tetapi sepertinya Kaido beserta Shogun mengembangkan sebuah bisnis peternakan tersendiri untuk menghindari efek dari limbah yang diakibatkan oleh Pabrik yang dimiliki.

Dengan diperlihatkannya pabrik pembuatan senjata milik Kaido tersebut seperti menjelaskan dan menunjukanbahwa tumbangnya Doflamingo sebagai Penguasa Pasar Gelap dan penjual Senjata ilegal sepertinya tidak cukup untuk merubah Dunia menjadi Damai tanpa sebuah peperangan. Kemungkinan Kaido pun juga menjual senjata yang dirakit di pabrik tersebut ke Dunia Pasar Gelap persis seperti apa yang dilakukan oleh Doflamingo dahulu mengingat Kaido juga merupakan salah satu dari seorang Broker yang terkenal aktif akan berbagai jenis transaksi di Pasar Gelap layaknya transaksi jual beli senjata berupa Gas beracun ataupun transaksi berupa Buah Iblis sintetis, dan dengan ini semoga saja penampakan dari Pabrik tersebut akan diperlihatkan secara lebih detail didalam Chapter yang akan datang nantinya.

MARI SEDIKIT LEBIH FOKUS KE PABRIK: Walaupun penampakan dari Pabrik milik Kaido tersebut baru diperlihatkan secara siluet didalam Chapter kali ini, tetapi entah kenapa sepertinya penampakan dari Pabrik ini telah ditunjukan sebelumnya, khususnya pada beberapa Cover Story.

Terdapat 5 Cover Story yang mewakili hal ini:
1. Cover Story pada Chapter ke 689: didalam Cover Story pada Chapter ke 689 tersebut memperlihatkan Caribou yang telah terdampar di sebuah pulau yang sepertinya pulau tersebut sangat identik seperti pulau yang pernah X-Drake datangi sebelumnya pada Chapter ke 595 dahulu dengan ciri ciri sebuah Gunung yang memiliki pola garis.
2. Cover Story pada Chapter ke 700: didalam Cover Story pada Chapter ke 700 tersebut terlihat bahwa tempat terdamparnya Caribou tersebut terdapat sebuah pabrik yang sangat besar dengan bentuk layaknya sebuah istana.
3. Cover Story pada Chapter ke 701: didalam Cover Story pada Chapter ke 701 tersebut terlihat bahwa ternyata pabrik yang ditemukan oleh Caribou di pulau tersebut merupakan sebuah pabrik pembuatan senjata.
4. Cover Story Chapter 720: didalam Cover Story pada Chapter ke 720 tersebut terlihat seseorang yang merupakan anak buah dari Kaido dan pernah diperlihatkan sebelumnya pada Chapter ke 595 dahulu, serta terlihat seperti melindungi pabrik tersebut.
5. Cover Story pada Chapter ke 727: dan didalam Cover Story pada Chapter ke 727 tersebut secara mengejutnya memperlihatkan X-Drake yang terlihat menyerang Caribou, seakan seperti melindungi pabrik pembuatan senjata tersebut.

Dengan beberapa bukti yang terdapat didalam 5 Cover Story tersebut, maka saya berasumsi kemungkinan bahwa pabrik tersebut merupakan Pabrik yang dimiliki oleh Kaido. Hal ini dapat dibuktikan didalam salah satu Cover Story pada Chapter 720 tersebut yang memperlihatkan anak buah dari Kaido yang pernah terlihat pada Chapter ke 595 dahulu yang seperti mencoba melindungi pabrik tersebut dan bukti lain yang menguatkan bahwa Pabrik pembuatan senjata tersebut merupakan pabrik yang dimiliki oleh Kaido adalah kemunculan X-Drake yang secara tiba tiba menyerang Caribou seakan seperti melindungi pabrik tersebut. Bila diingat ingat, X-Drake sendiri bergabung dengan Kaido kemungkinan setelah di Chapter 595 dahulu dan secara logis pada 2 Tahun Time Skip X-Drake telah resmi menjadi anak buah dari Kaido. Hal ini juga dibuktikan akan perkataan dari Tengu sebelumnya yang menyatakan bahwa X-Drake telah bergabung dengan Kaidou beberapa tahun yang lalu atau kemungkinan 2 Tahun yang lalu.

sehingga, Pabrik yang diperlihatkan didalam Cover Story bertajuk “KEHIHIHIHI CARIBOU DI DUNIA BARU” tersebut sepertinya merupakan Pabrik yang dimiliki oleh Kaido tetapi entah apakah lokasi pabrik tersebut berada di Negara Wano atau merupakan sebuah pabrik lain yang berada di pulau lainnya dan kemungkinan penampakan pabrik yang berada di Negara Wano juga tidak jauh berbeda dengan penampilan pabrik yang berada didalam Cover Story tersebut.
  • LUFFY DAN ZORO, PERTEMUAN PENUH KASIH


Yaps, hal inilah yang mana paling spesial dan paling ditunggu – tunggu di dalam Chapter ke 912 kali ini, jika ditotal sudah 834 hari dan 90 Chapter berlalu para fan diseluruh Dunia menantikan akan pertemuan 2 karakter Troublemakers ini, siapa lagi jika bukan pertemuan antara Luffy dengan Zoro. Uforia para fan dalam menyambut Pertemuan kedua karakter yang memiliki Jumlah Fan terbanyak di Dunia ini sungguh diluar dugaan, bahkan dibeberapa Negara, Pertemuan antara Luffy dan Zoro kali ini menjadi salah satu dari Trending Topic di aplikasi Jejaring Sosial Twitter. Yaps, antusias para fan terhadap kedua karakter berbeda umur ini memang sangat diluar dugaan, tetapi hal ini terbilang wajar dikarenakan sudah 2 tahun lebih Odachi tidak pernah menunjukan Momen Bahagia seperti sekarang ini, dan diketahui sebelumnya bahwa Zoro dan lainnya memang telah berpisah dengan Luffy sejak di dalam Chapter ke 822 dahulu yang berarti mereka telah berpiah sekitar 2,3 Tahun di Dunia nyata dan sehingga akan menjadi hal yang wajar bila pertemuan kedua sejoli ini akan dirayakan dengan sangat heboh....

Seperti yang terlihat, bahwa pertemuan penuh kasih antara kedua karakter yang memiliki fan terbanyak tersebut terjadi disebuah kawasan yang berdekatan dengan pabrik milik Kaido yang mana Luffy sebelumnya menduga bahwa Zoro adalah seorang musuh dikarenakan Zoro sendiri sebelumnya terlihat bertarung secara singkat untuk menyelamat seorang Gadis,uniknya, Luffy mengenali Zoro bukan dengan melihat rambutnya yang berwarna hijau ataupun melihat jumlah pedang yang dibawa, tetapi dengan melihat ke Arah botol Sake atau minuman keras yang dibawah oleh Zoro. Dari Pertemuan kedua karakter ini entah kenapa benar benar membuat kebahagiaan tersendiri, seperti yang terlihat bahwa Luffy merayakan pertemuan pertamanya bersama Zoro tersebut dengan sebuah Pelukan hangat yang mana Luffy memeluk Zoro pada area kepala, dan pelukan ini serasa mengingatkan akan pelukan yang dulu pernah Luffy lakukan kepada Sabo sebelumnya saat berada di Dressrosa.

Tetapi, terdapat sedikit perbedaan terhadap Zoro kali ini, Kemunculan Zoro untuk kedua kalinya sekarang ini seperti yang terlihat memiliki penampilan yang berbeda dari sebelumnya, Zoro sekarang beralih memakai sebuah Kimono yang memiliki pola berupa Ombak dibagian bawah dan memakai semacam Jubah/mantel yang memiliki ukuran yang besar, hal ini sangat berbeda dari kemunculan pertama Zoro didalam Chapter ke 909 dahulu yang mana Zoro diperlihatkan memakai sebuah Kimono polos tanpa memiliki sebuah pola tertentu. Tetapi, entah kenapa saya pribadi sangat suka akan penggambaran, dan momen pertemuan Zoro dengan Luffy didalam Chapter kali, rasanya seperti bernostalgia kembali akan masa lalu dan mengingatkan akan petualangan pertama Zoro dengan Luffy saat masih berada di Perairan East Blue pada 21 Tahun yang lalu, serta penampilan baru dari Zoro kali juga mengingatkan akan masa kecil Zoro dahulu seperti mengingit ujung sebuah rumput ataupun penampilannya yang terkesan bebas tanpa menunjukan ciri– ciri layaknya seorang Bajak Laut.

Selain itu, Zoro beserta Luffy juga mengatakan beberapa hal yang dapat disimpulkan:

- Zoro mengatakan bahwa “LUFFY AKHIRNYA KAU DATANG KEMARI, PASTI SUDAH LAMA - GOZARU”: inilah perkataan pertama yang Zoro ucapkan kepada Luffy setelah 90 Chapter berlalu, dan seperti yang terlihat sebuah pelukan hangat dari Luffy menghampiri Zoro untuk pertama kalinya, dan lagi lagi Zoro menggunakan kata Gozaru sebagai akhiran kalimat yang pernah ia lakukan seperti dahulu. Akhiran Gozaru sendiri merupakan akhiran yang digunakan pada Zaman Samurai silam (De Gozaru) yang tidak memiliki arti apapun dan hanya menekankan akan kesopanan berbicara saja. Kata Gozaru sendiri saat ini telah digantikan dengan kata “DESU” yang lebih modern.
- Zoro mengatakan bahwa “KAU DAPAT BERBURU IKAN DAN HEWAN DISEKITAR SINI SEBANYAK YANG KAU MAU LUFFY. KAU TIDAK PERLU MERASA KAWATHIR BILA MERASAKAN LAPAR”: Seperti yang terlihat bahwa perkataan dari Zoro tersebut merujuk langsung kepada persediaan makanan yang terdapat disekitar tempat Luffy bertemu dengan Zoro kali ini. Bila diamati lebih lanjut, memang benar bahwa di sekitar daerah Pabrik dari Kaido tersebut terdapat beberapa hewan seperti yang Luffy lihat sebelumnya seperti seekor Harimau, Babi Liar dan sejenis hewan endemik Wano yang baru yang disebut sebagai Croco-Shark atau didalam bahasa Jepang disebut sebagai Same-Wani, itulah mengapa Zoro mengatakan kepada Luffy bahwa ia tidak perlu kawatir jika akan merasakan kelaparan.
- Luffy mengatakan bahwa “KAU HARUS HATI – HATI. AIR DI SEKITAR SINI BERACUN. AKU MENDENGAR BAHWA HEWAN DAN IKAN DISINI JUGA BERACUN”: Sebuah pernyataan yang mengejutkan untuk seorang pelupa tapi itulah faktanya, seperti yang terlihat bahwa perkataan Luffy tersebut merujuk kepada Hewan dan air disekitar kawasan pabrik yang memang beracun yang disebabkan limbah dari Pabrik milik Kaido yang menurut Tengu didalam Chapter ke 911 kemarin telah mencemari seluruh air di sungai yang berada di Wano dan menurut Tama bahwa hewan - hewan yang berada di Wano juga telah terkontaminasi oleh Racun dikarenakan para hewan tersebut juga meminum air dari Sungai yang sebelumnya telah tercemar oleh limbah pabrik. Tetapi anehnya, sadar ataupun tidak bahwa Luffy sendiri terlihat memakan sebuah daging yang diberikan oleh Zoro yang kemungkinan Daging tersebut juga didapat dari hewan yang berada disekitar kawasan pabrik sehingga kemungkinan daging yang dimakan oleh Luffy tersebut juga mengandung racun😄, tetapi tentu hal tersebut tidak akan berpengaruh dikarenakan Luffy sendiri telah diketahui memiliki Antibodi terhadapracun yang sangat luar biasa kuat.
- Zoro juga mengatakan bahwa “JADI ITULAH SEBABNYA PERUTKU TERASA SAKIT”: Seperti yang terlihat bahwa perkataan dari Zoro tersebut merujuk kepada makanan yang diketahui beracun yang terlanjur ia makan. Saya berpikir bahwa kemungkinan Zoro juga memiliki Antibodi berupa tahan terhadap Racun seperti yang Luffy miliki mengingat Zoro juga merupakan salah satu orang didalam Bajak Laut Topi Jerami yang memiliki ketahanan tubuh yang terbilang luar biasa kuat selain Luffy dan juga Sanji, tetapi sepertinya tetap akan ada batasan Racun yang dapat diserap oleh tubuh Zoro dikarenakan tubuh Zoro sendiri tidak memiliki sebuah antibodi khusus untuk melawan racun seperti yang Luffy miliki.

Well,bisa dibilang bahwa pertemuan pertama antara Zoro dengan Luffy kali ini merupakan sebuah pertemuan yang terbilang sangat singkat untuk diperlihatkan, tetapi kemungkinan bahwa Zoro nantinya akan menemani Luffy kedalam Kota guna mencari seorang Dokter untuk Tama, dan dengan bertemunya Luffy dengan Zoro kali ini maka semoga saja anggota yang lain seperti Usopp, Nami, Sanji, Robin, Franky, Chopper, Brook dan juga Carrot dapat bertemu kembali setelah berpisah selama 90 Chapter atau 2,3 Tahun berlalu.
  • LUFFY, ZORO VS DUKUN



Dan hal inilah yang seakan menjadi perhatian utama didalam Chapter kali ini, setelah memperlihatkan akan pertemuan dari Luffy dengan Zoro yang begitu singkat maka secara tiba tiba salah satu Bajak Laut yang sebelumnya telah diperlihatkan pada Chapter ke 911 kemarin muncul secara tiba tiba, siapa lagi jika bukan Basil Hawkins. Hawkins sendiri seperti yang diketahui bahwa didalam Chapter ke 911 kemarin kembali diperlihatkan sejak terakhir terihat didalam Chapter ke 795 dan karakter Hawkins kali ini muncul untuk kedua kalinya didalam Chapter 912 yang ditampilkan dengan menaiki seekor Hewan Kirin bersama 3 Anggota krunya yang salah satunya pernah diperlihatkan pada Chapter ke 498 dahulu.

Seperti yang terlihat bahwa Hawkins sepertinya berencana untuk menangkap Zoro dengan menyebut Zoro sebagai Kriminal berstandar Nasional, Uniknya lagi, Hawkins kali ini menyebut Zoro bukan dengan nama asli melainkan sebagai ZOROJUROU seakan hal ini seperti mengindikasikan bahwa penyamaran yang Zoro lakukan selama ini belum terbongkar walaupun Zoro sendiri telah dilabeli sebagai seorang penjahat berstandar Nasional yang paling dicari di Negara Wano. Tetapi, kemungkinan aksi Hawkins kali ini tidak diketahui langsung oleh Kaido dikarenakan Hawkins sendiri saat didalam Chapter ke 911 kemarin telah memerintahkan untuk tidak memberitau terhadap kasus mengenai seseorang yang masuk secara Ilegal ke Negara Wano sehingga secara Logis bahwa pergerakan dan tindakan Hawkins saat ini tidak diketahui langsung oleh Kaido.

Selain itu, Hawkins juga mengatakan beberapa hal yang dapat disimpulkan:

- Hawkins mengatakan bahwa “DUA DARI BAWAHANKU DAN SATU BAWAHAN BABOON TELAH KALAH. 98% PELUANG KAULAH PELAKUNYA”: bisa ditebak bahwa perkataan dari Hawkins tersebut merujuk kepada Luffy dikarenakan Luffy sendiri merupakan orang yang telah diketahui memasuki daerah Negara Wano secara Ilegal dan hal yang paling membuat kebingungan adalah Hawkins mengatakan bahwa anak buahnya telah dikalahkan, ini berarti 2 Orang Bajak Laut yang didalam Chapter 911 kemarin yang diketahui menangkap Tama tersebut merupakan anak buah dari Hawkins. Saya dulu mengira bahwa ke-2 penjahat tersebut adalah anak buah dari Kaido dikarenakan penampilannya yang menyerupai pasukan Gifters milik Kaido, tetapi hal initidak dijelaskan secara rinci apakah bawahan ke-2 penjahat tersebut merupakan bawahan dari Bajak Laut Hawkins sendiri atau Bawahan dari Kaido yang diakui sebagai bawahan oleh Hawkins.
- Hawkins mengatakan bahwa “DI NEGARA WANO, ADA DUA PILIHAN, KAU BISA MENGIKUTI YANG KUAT ATAU MENGACUHKAN MEREKA DAN HIDUP BERSEMBUNYI”: jelas sekali bahwa apa yang dibicarakan oleh Hawkins tersebut menyangkut tentang hukum alam yang berada di Negara Wano. terdapat 2 pilihan yang dapat diikuti yaitu Mengikuti yang Kuat atau Mengacuhkan yang mana memiliki arti bahwa Luffy dan Zoro diberikan dua pilihan yaitu Tunduk kepada Kaido atau Melawan balik Kaido dan tentu saja dari kedua pilihan yang di ajuhkan oleh Hawkins tersebut bisa ditebak bahwa Luffy tentu akan menolak tawaran tersebut secara terang – terangan apalagi untuk sebuah tawaran mengenai tunduk kepada seseorang yang pasti Luffy akan menolaknya secara mentah mentah. penolakan tawaran yang ditunjukan Luffy kali ini bukan yang pertama kali dilakukan, sebelumnya pada Chapter ke 608 Luffy juga pernah menolak secara mentah mentah tawaran dari Hamon untuk bergabung ke Bajak Laut Manusia Ikan Baru disaat memasuki Pulau Manusia Ikan.

Dan Dan Dan inilah momen yang paling ditunggu – tunggu selama ini yang akhirnya diperlihatkan juga didalam Chapter kali ini yaitu pada bab bagian paling akhir seperti yang terlihat kita bisa melihat kembali kedua Trio Monster ini akan melakukan kombo bertarung setelah 2,3 Tahun kita tidak melihat kembali aksi dari dua sejoli ini. Hal ini juga menurut saya begitu mengejutkan dan seperti sudah direncanakan oleh Odachi secara matang matang dikarenakantepat 90 Chapter berlalu semenjak perpisahan dengan Zoro di Chapter 822 kita baru bisa menyaksikan penampilan Luffy dengan Zoro yang disebut sebagai Tim yang sudah lama ditunggu dipanel bagian akhir seperti sekarang. Uniknya lagi, bahwa Luffy kali ini terlihat akan melakukan pertarungan dengan menggunakan pedang Nidai yang dibawanya, hal ini seakan mengingatkan akan wujud Nightmare Luffy pada Chapter ke 476 dahulu saat berada di Thriller Bark yang juga bertarung dengan menggunakan pedang dan bila benar Luffy nanti akan bertarung dengan menggunakan pedang. maka kemungkinan gaya bertarung Luffy akan sama seperti di Episode Spesial Luffy Oyabun yang mana Luffy didalam episode tersebut memiliki sebuah senjata Jutte seperti yang dimiliki oleh Smoker, tetapi alih alih digunakan, Luffy hanya memegangnya saja disaat bertarung sembari tetap menggunakan kekuatan fisik.Tetapi, semoga saja Luffy kali ini akan menunjukan kemampuan tersembunyi yang ia miliki, bisa jadi Rayliegh dahulu mengajari Luffy bertarung dengan senjata pedang mungkin :D.

Dengan demikian, bahwa Luffy kali ini bisa dibilang menyatakan untuk melawan Kaidou secara terang terangan dan langsung dengan menolak tawaran yang diajuhkan oleh Hawkins dan sepertinya ketiga bagian dari 11 GENERASI TERBURUK tersebut akan terlibat bentrok walaupun Zoro telah memeberitau pesan dari Kinemon untuk tidak membuat kekacauan tetapi tentu bisa ditebak bahwa Luffy pasti tidak akan mengerti akan semua hal tersebut dengan mengatakan “KITA AKAN MEMINTA MAAF NANTI!!".

MARI LEBIH FOKUS KE HAWKINS: Melihat aksi penolakan penawaran yang dilakukan oleh Luffy tersebut maka kemungkinan yang akan terjadi adalah Hawkins akan melawan Luffy dan juga Zoro nantinya, tetapi entah kenapa saya merasa bahwa Hawkins tidak akan melawan ataupun bertarung dengan Luffy maupun dengan Zoro. Untuk seseorang yang berasal dari Bajak Laut yang berpangkat sebagai Generasi Terburuk, saya sendiri merasa ragu bila Hawkins akan benar benar melayani dan tunduk sepenuhnya terhadap Kaido, hal ini dapat dilihat melalui perkataan dari Hawkins didalam Chapter ke 911 dahulu yang menyatakan “Untuk tidak memberitahu apapun yang terjadi kepada Kaido untuk sementara waktu” dan menurut saya, entah Yonkou ataupun bukan mereka adalah Bajak Laut yang menyandang julukan sebagai GENERASI TERBURUK sehingga kemungkinan sejak awal Hawkins memang memiliki sebuah alasan dan maksud tersendiri untuk mengikuti dan mengabdi kepada Kaido, dengan alasan tersebutlah saya rasa bahwa Hawkins nantinya tidak akan betarung dengan Luffy dan kemungkinan akan membuat rencana ataupun kemungkinan membantu Luffy dalam mengalahkan Kaido nantinya. Bila diingat - ingat, Hawkins sendiri telah bergabung bersama dengan Kaido sudah cukup lama dan tentu saja Hawkins pasti mengetahui faktor kekuatan dan kelemahan dari Kaido beserta bagaimana cara menyusup kedalam wilayah Kekuasaan dari Kaido sehingga hal tersebut akan sangat membantu Luffy dan yang lainnya dalam melawan Kaido beserta melancarkan Misi yang telah dibentuk sejak di Zou dahulu. Dan sepertinya, bukan hanya Hawkins saja yang kemungkinan bergabung bersama Kaido dengan sebuah tujuan tertentu, sepertinya Appo juga memiliki niat dan alasan yang sama seperti Hawkins serta akan menjadi hal yang lebih menarik lagi bila beberapa Supernova layaknya Hawkins, Kidd, Appo dan juga Killer yang dulu pernah beraliansi dengan tujuan untuk menjatuhkan Yonkou Akagami Shank akan berkolaborasi bersama dengan Luffy dalam melawan Kaido nantinya.

FYI: seekor hewan yang berperawakan mirip seperti Kuda yang memiliki tanduk besar yang dinaiki oleh Hawkins tersebut merupakan sejenis hewan yang dinamakan sebagai KIRIN. Kirin atau biasa disebut dengan Kyilin sendiri merupakan mahkluk mitologi yang berasal dari Negara Tiongkok, Korea, Vietnam dan juga Jepang yang berwujud seperti Kura Kura bersisik yang memiliki kepala berupa hewan Singa dan bertanduk seperti hewan rusa, serta sering digambarkan memiliki tubuh yang seluruhnya ditutupi oleh Api. Di Negara Jepang sendiri, Kirin dianggap merupakan hewan Suci yang melindungi dari setiap Bencana yang ada.

-----------------------------------------------------------------------------
Yaps itu dia review dari saya, Chapter kali ini memang menyuguhkan sesuatu yang sangat LUAR BIASA dan WOW dari berbagai sisi cerita yang ada, tetapi seperti yang sering Oda lakukan ketika akan menuju hari Libur yaitu membuat para fan menjadi begitu penasaran akan kelanjutan dari Chapter kali ini apalagi pada Chapter 913 yang akan dirilis pada 2 Minggu lagi menyatakan bahwa akan memperlihatkan sesuatu yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Dan seperti biasa bahwa Arc Wano kali telah dimulai sepenuhnya dengan meninggalkkan misteri yang terdapat di Alur Reverie kemarin, tetapi entah kenapa kesan kesan akan Alur Reverie terdahulu masih mengganjal didalam hati dan tidak bisa dilupakan, khususnya untuk sosok (IMU), topik pembahasan yang berlangsung didalam Reverie kali ini beserta tujuan Shank yang datang ke Mary Geoise dengan menemui para Gorosei untuk membicarakan tentang Bajak Laut tertentu, tetapi aku selalu percaya bahwa nantinya semua misteri tersebut akan terbongkar dengan sendirinya seiring berjalannya cerita.

"Berkomenterlah dengan sopan dan tidak keluar dari isi konten"